Jumat, 03 Januari 2020

9 Tips Perawatan dan Penanganan Luka Diabetes


Luka diabetes tidak dapat dianggap remeh karena memang membutuhkan perawatan khusus agar tidak berkembang menjadi luka kronis. Luka diabetes dapat mengakibatkan kematian sel pada jaringan luka, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. 

Munculnya luka pada penderita diabetes, pada umumnya tidak menunjukkan gejala apapun. Bahkan, banyak penderita yang tidak menyadari adanya luka diabetes sehingga tidak segera melakukan perawatan. Padahal, luka diabetes yang tidak segera diobati dapat berakibat fatal pada penderita tersebut, karena dapat mengakibatkan penderita kehilangan salah satu organ tubuh dengan cara diamputasi. 

Perawatan luka diabetes harus dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara merawat luka diabetes agar mempercepat penyembuhan luka diabetes. Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat luka diabetes berdasarkan guesehat.com.

1. Hal pertama yang harus dilakukan oleh penderita untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes adalah dengan memperhatikan faktor kebersihan dalam proses perawatan luka diabetes. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi silang.

2. Daerah di sekitar luka yang lembab juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mempertahankan kehilangan jaringan serta kematian sel. 

3. Setelah luka dibersihkan dengan menggunakan larutan NaCl dan iodine providine,  penderita disarankan untuk menghindari membalut luka konvensional dengan balutan kasa kering. Hal ini disebabkan karena kain kassa kering akan menempel pada luka kering sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan merusak sel-sel yang baru tumbuh. 

4. Selain itu, penderita juga harus rutin membasuhnya setiap hari dengan menggunakan air hangat. 

5. Jika terjadi luka lecet, radang dan luka yang disebabkan karena jatuh, maka penderita harus segera mengobati luka tersebut. 

6. Penderita diabetes juga tidak boleh lupa menggunakan alas kaki saat berjalan. Alas kaki yang baik untuk penderita diabetes adalah yang tidak sempit dan terasa nyaman saat dipakai. 

7. Hal yang juga penting dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka adalah menjalani pola hidup sehat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi adalah salah satu penyebab munculnya luka diabetes. 

8. Penderita diabetes tidak boleh banyak pikiran, apalagi sampai stres. Dikarenakan stres dapat meningkatkan hormon kortisol dan memperlambat aliran darah sehingga dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

9. Penderita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Ikuti langkah praktis di atas untuk menangani luka diabetes. Selalu jaga semangat dan berpikir positif agar penyakit diabetes dapat disembuhkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar