Sabtu, 30 November 2019

5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik


Kulit yang sehat bersumber dari nutrisi yang baik. Kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin A, C, dan E bisa membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Kamu bisa mendapatkan sumber nutrisi tersebut dari makanan yang dikonsumsi maupun krim perawatan khusus kulit yang kini tersedia dalam berbagai merk. Cara mengatasi kulit kering dan bersisik tentu bisa diatasi dengan melakukan  kedua perawatan tersebut. 

Kulit kering dan bersisik merupakan salah satu masalah kulit yang banyak dialami orang-orang yang hidup di Negara beriklim tropis. Kondisi seperti ini umumnya diakibatkan oleh cuaca dingin yang berkepanjangan, sehingga kelembaban kulit menjadi berkurang. Selain itu, kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh paparan langsung sinar matahari, detergen, penggunaan obat-obatan tertentu, dan masih banyak lagi.

Namun, perawatan untuk kulit kering seringkali tidak sesuai, sehingga hal tersebut hanya akan memperburuk kondisi kulit. Kulit yang kering biasanya akan membuat kamu tidak percaya diri saat tampil di depan umum. Oleh karena itu, agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat, simak cara mengatasi kulit kering dan bersisik berikut ini.

1. Menggunakan minyak kelapa

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya bersifat emolien yang mampu melembutkan kulit karena fungsinya yang mampu mengisi ruang di antara sel-sel kulit. Oleh karena itu, kandungan asam lemak jenuhnya bisa menghaluskan kulit secara alami.

Oleskan minyak kelapa pada area kulit yang sedang kering. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa pada area sensitif, seperti area bawah mata dan sekitar mulut.

2. Menggunakan petroleum jelly

Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly. Minyak mineral ini cocok digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika dioleskan secara rutin, kondisi kulit kering dan bersisik akan hilang dengan sendirinya. Kamu bisa mendapatkan produk yang satu ini di drugstore maupun minimarket terdekat.

3. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan omega 3

Selain perawatan dari luar, kamu juga bisa melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan omega 3. Makanan-makanan yang kaya akan antioksidan bisa kamu temukan pada sayur-sayuran dan buah-buahan seperti tomat, bluberi, stroberi, wortel, kacang polong, dan masih banyak lagi. Selain itu sumber omega 3 bisa kamu dapatkan pada ikan salmon, kangkung, bayam, dan masih banyak lagi.

4. Menggunakan sabun yang tepat

Kulit yang kering bisa saja diakibatkan oleh penggunaan sabun yang terlalu keras kandungannya. Oleh karena itu, pilihlah sabun yang gentle yang aman untuk kulit kering dan sensitif. Biasanya, sabun tersebut terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu, aloe vera, susu, dan masih banyak lagi. Sabun jenis ini bisa kamu dapatkan di apotek maupun warung terdekat.

5. Minum air putih

Minum air putih juga bisa membantu kamu untuk mengatasi kulit kering. Minumlah air putih sesuai dengan yang dianjurkan, yaitu delapan gelas per hari atau sesuai kebutuhan. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, kulit akan menjadi terhidrasi, sehingga kelembabannya akan tetap terjaga. Agar tidak lupa, kamu bisa mengunduh aplikasi pengingat minum air putih di handphone.

Itulah lima cara mengatasi kulit kering dan bersisik. Pastikan kulit kamu tetap terjaga kelembabannya dengan melakukan perawatan dari luar dan dalam. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga, tidur yang cukup, dan masih banyak lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar