Kamis, 11 April 2019

Bayar Pajak Kendaraan Online Mudah Cepat dan Tidak Pakai Ribet


Seiring dengan perkembangan era teknologi dan digital yang semakin maju seperti saat ini, semuanya kini bisa dilakukan secara online. Termasuk juga dengan membayar pajak yang bisa dilakukan online. Anda pun tidak perlu jauh-jauh pulang atau ke kota motor dikeluarkan. Dari pada penasaran Berfaedah.com punya tata cara pembayaran pajak bermotor online.

1. Buka Laman Situs Resmi Pihak Samsat
Ingat bahwa langkah pertama ini bisa Anda lakukan apabila syarat sudah dipenuhi semua. Anda bisa langsung membuka laman situs resmi untuk pembayaran pajak online. Setiap daerah berbeda ya. Berikut untuk kawasan Pulau Jawa:
  • DKI Jakarta alamat http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB 
  • Jawa Barat alamat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ 
  • Jawa Tengah alamat http://dppad.jatengprov.go.id/ 
  • Jawa Timur alamat http://www.esamsat.jatimprov.go.id/ 
Namun, Anda perlu tau jika layanan satu ini tidak berlaku untuk antar provinsi ya. Misalkan saja begini Anda tinggal di kawasan Semarang namun plat motor Jakarta. Maka Anda tidak bisa menggunakan layanan ini karena hanya melayani untuk kota yang ada dalam provinsi saja.

2. Isi Data Kendaraan
Isi semua form data diri dan kendaraan Anda mulai dari Nomor Polisi, Kode dan lainnya.    Pada tahap cara bayar pajak motor online, Anda bisa harus cermat saat mengisi data. Jika data yang dimasukkan salah maka tidak akan muncul halaman kendaraan dan jumlah pajak yang wajib untuk dibayar. 

Cek kembali data diri dan kendaraan yang sudah diisi. Nah, apabila semua data sudah dirasa benar serta sesuai maka akan muncul kalimat, “Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?”. Jika sudah klik kalimat tersebut.

3. Pilih Kota Tempat untuk Pengambilan Nota Pajak Motor Secara Online
Sebelum Anda membayarkan pajak lewat mandiri internet banking, pada tahap ini ANda juga harus mengisi form lagi. Form ini nantinya akan digunakan sebagai bukti untuk pengambilan nota pajak yang mana diserahkan pada Samsat kota Anda tinggal. 
  • Kota: Masukkan kota yang nantinya digunakan untuk mengambil nota pajak. 
  • Samsat: Pilih samsat paling dekat dengan tempat tinggal 
  • Bank: Pilih jenis bank apa yang akan Anda gunakan saat melakukan pembayaran
  • Layanan: Jika Anda memakai layanan internet banking, langsung pilih internet banking
  • Kode Bayar: Agar bisa mendapatkan kode bayar Anda hanya klik Pengajuan “Kode Bayar” yang ada di sebelahnya. Jika kode bayar muncul langsung klik print.
  • Jika sudah selesai Anda akan melihat kode bayar, jumlah yang wajib dibayarkan, serta alamat dari Samsat yang mana nantinya digunakan sebagai tempat pengambilan nota pajaknya.
4. Lakukan Proses Pembayaran 
Kali ini Anda hanya perlu melakukan pembayaran dengan jumlah yang sudah ditentukan lewat internet baning, ATM, atau mobile banking. Pertama, langsung buka menu Bayar lanjut Multi Payment kemudian Pilih Samsat daerah yang sesuai tempat Anda tinggal.

Selain itu, ingat diri untuk memasukkan kode pembayaran pada kolom bawah yang telah Anda dapatkan di pendaftaran pada web e-Samsat sebelumnya. Klik ‘Lanjutkan” untuk melakukan proses pembayaran. Print out bukti pembayaran yang nantinya digunakan sebagai bukti yang sah untuk ditukarkan dengan nota pajak kendaraan baru.

5. Pengambilan Nota Pajak 
Tahap terakhir panduan cara bayar pajak secara online adalah Anda harus mengambil nota pajak pada kantor Samsat yang telah Anda daftarkan pada proses awal pembayaran sebelumnya. Perlu diingat jika pada tahapan ini, Anda diwajibkan untuk membawa bukti dari pembayaran, KTP serta STNK asli kemudian nantinya diserahkan pada loket pembayaran.

Bagaimana mudah sekali bukan? Jika ada cara yang lebih simpel dan tidak ribet kenapa harus pakai cara yang sulit? Coba saja ikuti langkah dari Berfaedah.com tersebut dan rasakan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar