Minggu, 10 Maret 2019

Cara Mudah Merawat Meja Makan Kayu Anda


Meja makan kayu menjadi salah satu favorit banyak orang. Namun, bahan kayu memiliki cara perawatan yang berbeda dibandingkan bahan yang lain. Hal ini karena bahan kayu mudah dimakan rayap dan terkena jamur. Berikut cara merawat meja makan Anda yang berbahan kayu.

Gunakan Alas untuk Meminimalisir Kerusakan
Anda bisa meminimalisir risiko meja tergores atau terkena noda yang akan membuat warna kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus dengan menutupi bagian atas meja makan dengan kain taplak atau table runner. 

Untuk bagian kaki meja Anda bisa memberikan alas berupa karpet atau kain felt di tiap kakinya. Cara tersebut berguna untuk meminimalisir goresan yang akan menyebabkan merusak penampilan.

Gunakan Sisa Teh sebagai Pembersih
Teh bisa Anda gunakan sebagai pembersih meja kayu Anda. Manfaatnya adalah membuat warna lebih berkilau. Caranya adalah dengan mencelupkan kain lembut ke dalam seduhan teh hitam, peras kain. Setelah itu usapkan pada meja kayu Anda untuk membersihkannya dan biarkan hingga meja mengering.

Segera Keringkan Noda Air
Gelas minuman atau mangkuk sayur pada meja berbahan kayu akan meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja. Jika Anda tidak membersihkannya, bekas minuman tersebut akan meninggalkan noda permanen dan akan merusak keindahan tekstur alami kayu.

Cara menghilangkan noda tersebut Anda bisa mengusapkan campuran minyak goreng dan abu atau campuran pasta gigi dan baking soda kemudian gunakan kain lembut sebagai lap. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran yang tadi Anda buat menggunakan jari. 

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah membakar biji kemiri hingga minyaknya keluar. Kemudian pukul-pukul kemiri hingga hancur kemudian usapkan pada noda di atas meja makan kayu Anda.

Letakkan di Ruang Bersuhu Normal
Kayu akan menjadi kering dan menyusut hingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu jika terkena paparan suhu panas terus menerus. Anda juga harus menjauhkan meja makan dari peralatan yang memancarkan panas dan tempatkan ruang makan yang tidak menerima langsung paparan sinar matahari.

Bersihkan Meja Kayu secara Berkala
Anda harus membersihkan  ruang makan Anda setiap harus namun bersihkanlah meja kayu Anda secara berkala minimal satu bulan sekali. Anda bisa menyemprotkan cairan pelapis furniture secukupnya pada permukaan kayu. Kemudian lap dengan kain dan biarkan hingga kering.

Pindahkan Meja dengan Benar dan Hati-hati
Ketika Anda mencoba menata ulang ruang makan Anda jangan menarik meja kayu Anda karena dapat menggores dan mengikis kayu akibat bergesekan dengan lantai. Menarik salah satu kakinya juga akan berisiko merusak sambungan meja. 

Itulah cara merawat meja makan kayu Anda di rumah. Selain cara di atas Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk bagian yang tidak terjangkau. Dapatkan cara merawat furniture lainnya di fabelio.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar