Jumat, 21 September 2018

Tidak Mudah Keropos! Inilah Cara Tepat Merawat Kursi Malas


Beberapa orang menyukai sesuatu yang vintage termasuk perabot rumah tangga seperti kursi malas. Furnitur yang terbuat dari kayu memang terlihat bagus, tapi di sisi lain sulit perawatannya. Banyak yang mengeluh perabot kayu mudah keropos. Jangan khawatir, berikut cara tepat merawat kursi berbahan kayu. 

1. Jangan Terkena Panas secara Langsung 

Perabotan yang terbuat dari kayu memiliki kelembapan di dalamnya, begitu pula kursi malas di rumah Anda. Untuk itu, jangan sampai terkena panas secara langsung karena bisa membuat furnitur kayu retak. Misalnya saja diletakkan di pekarangan rumah yang langsung terkena sinar matahari. 

Sebaiknya hindari hal ini terjadi. Anda bisa meletakkannya di tempat yang teduh. Lebih ekstremnya, warna kayu akan memudar jika terlalu seiring terkena sinar matahari. Hal lain yang harus dihindari yaitu jangan meletakkan kursi di dekat perapian atau kompor. 

2. Tidak Direndam di Air 

Kursi malas tidak bisa berada di dalam air, tidak juga diguyur air secara langsung. Hal ini akan merusak permukaan kayu dan bisa membuatnya berlubang. Jika Anda ingin mencucinya, sebaiknya gunakan air hangat dan spons kemudian usap secara perlahan. 

Penggunaan sabun masih diperbolehkan asal jangan berlebihan. Untuk sudut yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Langkah terakhir dengan menggunakan kain basah untuk mengusap seluruh permukaan kursi.

3. Gunakan Alas Gelas dan Piring 

Jika Anda ingin duduk bersantai di kursi dengan membawa camilan, minuman, atau makanan, sebaiknya bawa alas sebagai antisipasi. Kecerobohan bisa saja terjadi, misal menyenggol minuman dan membuat kursi basah. Air tersebut akan meresap ke dalam kayu sekaligus mengotori permukaan kursi. Noda basah biasanya tidak bisa hilang. Sehingga lebih baik bawalah tatakan piring.

4. Sering Membersihkan Kursi 

Memiliki perabotan kayu, berarti Anda siap untuk rutin membersihkannya. Jika Anda malas, maka perabotan akan cepat berdebu dan kotor. Waktu membersihkan kursi bisa dilakukan minimal seminggu sekali. 

5. Manfaatkan Semir Sepatu 

Semir sepatu tidak hanya bisa untuk membuat sepatu Anda mengkilap, tapi juga memiliki fungsi lain. Anda bisa menyembunyikan retak pada perabotan kayu yang sudah lama. Pilih warna sama seperti permukaan kayu. Saat musim hujan, sebaiknya masukkan kursi ke dalam rumah agar tidak terkena air hujan secara langsung.

6. Menghilangkan Cincin Bekas Kopi 

Kopi, teh, atau pizza biasanya akan meninggalkan noda berupa cincin yang sulit dihilangkan. Anda bisa menggosok kayu dengan abrasif ringan, seperti pasti gigi nongel yang dicampur dengan baking soda atau minyak goreng dicampur dengan abu. Lakukan dengan kain lembut untuk menggosoknya hingga noda hilang. 

Referensi sangat penting untuk panduan merawat perabotan Anda dengan tepat. Jangan sampai salah pemahaman dalam merawatnya. Kursi malas yang bagus yaitu yang mudah dibersihkan. Anda bisa mencari kursi favorit di Fabelio. Banyak pilihan kursi dengan model kekinian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar