Selasa, 18 September 2018

2 Tindakan Perbaikan Tulang Belakang dari dr. Wong Chung Chek


Penyakit tulang belakang bisa diderita oleh siapa saja terutama bagi Anda yang telah berusia lanjut. Ada banyak penyebab terjadinya penyakit ini, salah satunya dalam beraktivitas dengan posisi duduk dan berdiri yang tidak benar. Anda bisa mengatasi masalah tulang belakang dengan konsultasi ke dr. Wong Chung Chek yang akan memberikan 2 solusi tindakan sebagai berikut. 

1. Tindakan Bedah Minimal Invasif

Tindakan bedah minimal invasif merupakan tindakan yang dilakukan dalam penanganan penyakit tulang belakang yang disebut juga bedah lubang kunci. 

Bedah ini dilakukan dengan sayatan kecil yang memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil klinis yang jauh lebih baik dari bedah konvensional terbuka. Bedah ini akan meminimalisasi terjadinya kerusakan jaringan lunak saat tindakan berlangsung. 

Alat yang digunakan pada tindakan bedah ini sangat khusus yaitu kamera mikro atau peralatan video fiber optic, dan ultrasound. Ada juga menggunakan teknologi tomografi komputer (CT) untuk dapat mengakses bagian tertentu. Beberapa prosedur dari tindakan ini sudah menggantikan teknik bedah konvensional sebagai standar operasi.

Ketika Anda menggunakan tindakan dokter spesialis tulang belakang ini, maka akan mengurangi terjadinya trauma pada tubuh. Tindakan ini disarankan dr. Wong Chung Check karena memiliki keunggulan dapat menghindari kondisi berkurangnya kehilangan darah. Tindakan ini juga hanya akan menyisakan bekas luka sayatan yang lebih kecil.

Anda yang memilih melakukan tindakan bedah invasif ini akan mengurangi kebutuhan konsumsi obat nyeri. Masa dirawat di rumah sakit akan lebih cepat sehingga bisa cepat pulang. Anda juga akan lebih cepat untuk dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.

2. Terapi Intervensi Nyeri

Terapi ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis tertentu yaitu spesialis anestesi, neurologi, bedah saraf, dan orthopaedi atau spesialis tulang  belakang. Para dokter ini pun baru dapat melakukan tindakan ini jika sudah melakukan pelatihan di bidang manajemen nyeri.

Tindakan terapi ini akan diawali dengan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dari pasien. Dilanjutkan dengan mengevaluasi riwayat medis pasien dan melakukan sejumlah pemeriksaan tambahan. Setelah semuanya selesai dan mendapatkan kesimpulan, baru Anda akan dibuatkan rencana pengobatan. 

Terapi ini akan menggunakan musculoskeletal injection USG guided. Dilakukannya penyuntikan obat pada otot dan sendi yang sakit sambil dengan panduan alat ultrasonografi dengan tujuan agar tepat pada sasaran. Ada juga dengan menggunakan epidural block steroid injection, sebuah tindakan penyuntikan obat golongan kortikosteroid. 

Disuntikkan ke bagian rongga epidural di daerah tulang belakang, tujuannya untuk meredakan peradangan saraf dan bantalan tulang belakang (diskus interverterbralis).‎ Tindakan pengobatan ini sudah banyak dipakai di berbagai negara maju. 

Tindakan yang dilakukan seorang dokter spesialis tulang belakang akan mempertimbangkan dengan baik kondisi Anda sebagai pasien. Sampaikan semua keluhan yang dirasakan dengan baik saat melakukan konsultasi agar tindakan yang diambil nantinya sangat tepat untuk Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar